Cloud Computing


Komputasi awan, yang sering disebut hanya sebagai "awan", adalah penyampaian sumber daya komputasi sesuai permintaan - mulai dari aplikasi hingga pusat data-melalui internet dengan basis penggunaan bayar.

  • Sumber daya elastis - Naik atau turun dengan cepat dan mudah untuk memenuhi permintaan
  • Layanan meteran sehingga Anda hanya membayar untuk apa yang Anda gunakan
  • Layanan mandiri - Semua sumber daya TI yang  dibutuhkan dengan akses swalayan
Sederhananya, komputasi awan adalah pengiriman layanan komputasi - server, penyimpanan, database, jaringan, perangkat lunak, analisis dan banyak lagi - melalui Internet ("awan"). Perusahaan yang menawarkan layanan komputasi ini disebut penyedia awan dan biasanya mengenakan biaya untuk layanan komputasi awan berdasarkan penggunaan, serupa dengan bagaimana ditagih untuk air atau listrik di rumah.


Penggunaan komputasi awan
Kita mungkin menggunakan komputasi awan sekarang, bahkan kita tidak menyadarinya. Jika kita menggunakan layanan online untuk mengirim email, mengedit dokumen, menonton film atau TV, mendengarkan musik, bermain game atau menyimpan gambar dan file lainnya, kemungkinan komputasi awan membuat semuanya mungkin di belakang layar. Layanan komputasi awan pertama baru berumur satu dekade, tapi sudah beragam organisasi - mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan global, badan pemerintah hingga non-profit - merangkul teknologi untuk berbagai alasan. 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan awan:
  • Create new apps and services
  • Store, back up and recover data
  • Host websites and blogs
  • Stream audio and video
  • Deliver software on demand
  • Analyse data for patterns and make predictions




Jenis layanan awan: IaaS, PaaS, SaaS
Sebagian besar layanan komputasi awan terbagi dalam tiga kategori besar: infrastruktur sebagai layanan (IaaS), platform sebagai layanan (PaaS) dan perangkat lunak sebagai layanan (Saas). Ini kadang-kadang disebut tumpukan komputasi awan, karena mereka saling membangun satu sama lain. Mengetahui apa yang mereka dan bagaimana mereka berbeda membuatnya lebih mudah untuk mencapai tujuan bisnis.


Infrastructure as a Service (IaaS)


Infrastruktur komputasi instan yang disediakan dan dikelola melalui Internet. Cepat naik turun dengan permintaan dan bayar hanya untuk apa yang  digunakan.

IaaS membantu menghindari biaya dan kompleksitas pembelian dan pengelolaan server fisik dan infrastruktur datacenter sendiri. Setiap sumber daya ditawarkan sebagai komponen layanan terpisah dan hanya perlu menyewa yang khusus selama membutuhkannya. Penyedia layanan komputasi awan mengelola infrastruktur, saat membeli, menginstal, mengkonfigurasi dan mengelola perangkat lunak sendiri-sistem operasi, middleware dan aplikasi.




Skenario bisnis IaaS

Hal-hal khas bisnis dengan IaaS meliputi:

  • Uji dan pengembangan. Tim dapat dengan cepat mengatur dan membongkar lingkungan uji dan pengembangan, membawa aplikasi baru ke pasar lebih cepat. IaaS membuatnya cepat dan ekonomis untuk meningkatkan lingkungan dev-test ke atas dan ke bawah.
  • Hosting situs Menjalankan situs web menggunakan IaaS bisa lebih murah daripada web hosting tradisional.
  • Penyimpanan, backup dan recovery. Organisasi menghindari pengeluaran modal untuk penyimpanan dan kompleksitas pengelolaan penyimpanan, yang biasanya memerlukan staf ahli untuk mengelola data dan memenuhi persyaratan hukum dan kepatuhan. IaaS berguna untuk menangani permintaan yang tidak dapat diprediksi dan kebutuhan penyimpanan yang terus meningkat. Ini juga dapat menyederhanakan perencanaan dan pengelolaan sistem backup dan pemulihan.
  • Aplikasi web IaaS menyediakan semua infrastruktur untuk mendukung aplikasi web, termasuk penyimpanan, server web dan aplikasi dan sumber daya jaringan. Organisasi dapat dengan cepat menyebarkan aplikasi web di IaaS dan dengan mudah menghitung infrastruktur naik turun saat permintaan untuk aplikasi tidak dapat diprediksi.
  • Komputasi berkinerja tinggi. Komputasi berperforma tinggi (HPC) pada superkomputer, grid komputer atau cluster komputer membantu memecahkan masalah kompleks yang melibatkan jutaan variabel atau perhitungan. Contohnya meliputi simulasi melipat gandakan gempa dan protein, prediksi iklim dan cuaca, pemodelan keuangan dan evaluasi desain produk.
  • Analisis data yang besar. Data besar adalah istilah populer untuk rangkaian data masif yang berisi pola, tren, dan asosiasi yang berpotensi berharga. Data pertambangan yang ditetapkan untuk mencari atau menggoda pola tersembunyi ini memerlukan sejumlah besar daya pemrosesan, yang IaaS berikan secara ekonomis.

Keuntungan dari IaaS
  • Menghilangkan biaya modal dan mengurangi biaya yang berkelanjutan. Iaas menghindari biaya awal untuk menyiapkan dan mengelola pusat data di tempat, menjadikannya pilihan ekonomis untuk pemula dan bisnis yang menguji gagasan baru.
  • Meningkatkan kesinambungan bisnis dan pemulihan bencana. Mencapai ketersediaan tinggi, kelangsungan bisnis dan pemulihan bencana sangat mahal, karena memerlukan teknologi dan staf yang signifikan. Namun dengan adanya perjanjian tingkat layanan yang tepat (SLA), IaaS dapat mengurangi biaya ini dan mengakses aplikasi dan data seperti biasa saat terjadi bencana atau outage.
  • Berinovasi dengan cepat. Begitu Anda memutuskan untuk meluncurkan produk atau inisiatif baru, infrastruktur komputasi yang diperlukan dapat siap dalam hitungan menit atau jam, bukan hari-hari atau minggu-dan kadang-kadang berbulan-bulan-bisa dilakukan untuk mengaturnya secara internal.
  • Menjawab lebih cepat menggeser kondisi bisnis. IaaS memungkinkan Anda untuk dengan cepat meningkatkan sumber daya untuk mengakomodasi lonjakan permintaan aplikasi Anda - selama liburan, misalnya - sumber daya skala kemudian turun kembali saat aktivitas menurun untuk menghemat uang.
  • Fokus pada bisnis inti Anda. IaaS membebaskan tim Anda untuk fokus pada bisnis inti organisasi Anda daripada infrastruktur TI.
  • Meningkatkan stabilitas, kehandalan dan dukungan. Dengan IaaS tidak perlu memelihara dan meng-upgrade perangkat lunak dan perangkat keras atau memecahkan masalah peralatan. Dengan kesepakatan yang tepat, penyedia layanan memastikan bahwa infrastruktur Anda dapat diandalkan dan memenuhi SLA.
  • Keamanan yang lebih baik Dengan perjanjian layanan yang tepat, penyedia layanan awan dapat memberikan keamanan untuk aplikasi dan data Anda yang mungkin lebih baik daripada yang dapat Anda capai di rumah.
  • Mendapat aplikasi baru kepada pengguna lebih cepat. Karena Anda tidak perlu terlebih dahulu menyiapkan infrastruktur sebelum Anda dapat mengembangkan dan mengirimkan aplikasi, Anda bisa mengarahkan mereka ke pengguna lebih cepat dengan IaaS.

Platform as a Service (Paas)
Pengembangan dan penyebaran lingkungan yang lengkap di awan, dengan sumber daya yang memungkinkan menyampaikan semuanya mulai dari aplikasi berbasis cloud sederhana hingga aplikasi enterprise cloud-enabled yang canggih. Anda membeli sumber daya yang Anda butuhkan dari penyedia layanan awan berdasarkan bayar-as-you-go dan mengaksesnya melalui koneksi Internet yang aman.

Seperti IaaS, PaaS mencakup infrastruktur-server, storage dan networking-tapi juga middleware, development tools, business intelligence (BI) services, sistem manajemen basis data dan banyak lagi. PaaS dirancang untuk mendukung siklus hidup aplikasi web yang lengkap: membangun, menguji, menerapkan, mengelola dan memperbarui.

PaaS memungkinkan Anda menghindari biaya dan kompleksitas pembelian dan pengelolaan lisensi perangkat lunak, infrastruktur aplikasi dan middleware yang mendasarinya atau alat pengembangan dan sumber daya lainnya. Anda mengelola aplikasi dan layanan yang Anda kembangkan dan penyedia layanan awan biasanya mengelola hal lainnya.


Skenario PaaS 

Organisasi biasanya menggunakan PaaS untuk skenario ini:

  • Kerangka Framework PaaS menyediakan kerangka kerja yang dapat dibangun pengembang untuk mengembangkan atau menyesuaikan aplikasi berbasis awan. Mirip dengan cara Anda membuat makro Excel, PaaS memungkinkan pengembang membuat aplikasi dengan menggunakan komponen perangkat lunak terintegrasi. Fitur awan seperti skalabilitas, ketersediaan tinggi dan kemampuan multi-penyewa disertakan, mengurangi jumlah pengkodean yang harus dilakukan pengembang.
  • Analytics atau intelijen bisnis. Alat yang disediakan sebagai layanan dengan PaaS memungkinkan organisasi untuk menganalisis dan menambang data mereka, menemukan wawasan dan pola dan memprediksi hasil untuk memperbaiki peramalan, keputusan desain produk, hasil investasi dan keputusan bisnis lainnya.
  • Layanan tambahan. Penyedia PaaS mungkin menawarkan layanan lain yang meningkatkan aplikasi, seperti alur kerja, direktori, keamanan dan penjadwalan.

Keuntungan dari PaaS
Dengan mengantarkan infrastruktur sebagai layanan, PaaS menawarkan keuntungan yang sama dengan IaaS. Tapi fitur tambahannya-middleware, alat pengembangan dan alat bisnis lainnya-memberi Anda lebih banyak keuntungan:
  • Efesiensi waktu coding. Alat pengembangan PaaS dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengkodekan aplikasi baru dengan komponen aplikasi pra-kode yang terpasang pada platform, seperti alur kerja, layanan direktori, fitur keamanan, pencarian dan sebagainya.
  • Tambahkan kemampuan pengembangan tanpa menambahkan staf. Platform sebagai komponen Layanan dapat memberi tim pengembangan kemampuan baru tanpa Anda perlu menambahkan staf yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan.
  • Kembangkan beberapa platform-termasuk seluler-lebih mudah. Beberapa penyedia layanan memberi Anda pilihan pengembangan untuk berbagai platform, seperti komputer, perangkat seluler, dan peramban yang membuat aplikasi lintas platform lebih cepat dan mudah dikembangkan.
  • Gunakan alat yang canggih dengan harga terjangkau. Model bayar-as-you-go memungkinkan individu atau organisasi menggunakan perangkat lunak pengembangan dan analisis bisnis cerdas dan analisis canggih yang tidak dapat mereka beli secara langsung.
  • Dukung tim pengembangan yang terdistribusi secara geografis. Karena lingkungan pengembangan diakses melalui Internet, tim pengembang dapat bekerja sama dalam proyek bahkan saat anggota tim berada di lokasi terpencil.
  • Mengelola siklus hidup aplikasi secara efisien. PaaS menyediakan semua kemampuan yang Anda butuhkan untuk mendukung siklus hidup aplikasi web yang lengkap: membangun, menguji, menerapkan, mengelola dan memperbarui dalam lingkungan terpadu yang sama.

Software as a service


Perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) memungkinkan pengguna untuk terhubung dan menggunakan aplikasi berbasis awan melalui Internet. Contoh umum adalah email, kalender dan alat kantor (seperti Microsoft Office 365).

SaaS menyediakan solusi perangkat lunak lengkap yang Anda beli berdasarkan bayar-as-you-go dari penyedia layanan awan. Anda menyewa aplikasi untuk organisasi Anda dan pengguna Anda terhubung dengannya melalui Internet, biasanya dengan browser web. Semua infrastruktur yang mendasarinya, middleware, perangkat lunak aplikasi dan data aplikasi berada di pusat data penyedia layanan. Penyedia layanan mengelola perangkat keras dan perangkat lunak dan dengan perjanjian layanan yang sesuai, akan memastikan ketersediaan dan keamanan aplikasi dan data Anda juga. SaaS memungkinkan organisasi Anda untuk cepat bangun dan berjalan dengan sebuah aplikasi dengan biaya dimuka minimal.


Skenario SaaS yang umum
Jika Anda telah menggunakan layanan email berbasis web seperti Outlook, Hotmail atau Yahoo! Mail, Anda telah menggunakan bentuk SaaS. Dengan layanan ini, Anda masuk ke akun Anda melalui Internet, seringkali dari browser web. Perangkat lunak email terletak pada jaringan penyedia layanan dan pesan Anda juga tersimpan di sana. Anda dapat mengakses email dan pesan tersimpan dari browser web pada komputer atau perangkat yang tersambung ke Internet.

Contoh sebelumnya adalah layanan gratis untuk penggunaan pribadi. Untuk penggunaan organisasi, Anda dapat menyewa aplikasi produktivitas, seperti email, kolaborasi dan kalender; Dan aplikasi bisnis yang canggih seperti customer relationship management (CRM), perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) dan manajemen dokumen. Anda membayar untuk penggunaan aplikasi ini dengan berlangganan atau sesuai dengan tingkat penggunaan.

Keuntungan SaaS
  • Dapatkan akses ke aplikasi yang canggih. Untuk menyediakan aplikasi SaaS kepada pengguna, Anda tidak perlu membeli, menginstal, memperbarui atau merawat perangkat keras, middleware atau perangkat lunak apapun. SaaS bahkan membuat aplikasi perusahaan yang canggih, seperti ERP dan CRM, terjangkau oleh organisasi yang kekurangan sumber daya untuk membeli, menerapkan, dan mengelola infrastruktur dan perangkat lunak yang dibutuhkan sendiri.
  • Bayar hanya untuk apa yang Anda gunakan. Anda juga menghemat uang karena layanan SaaS otomatis naik turun berdasarkan tingkat pemakaian.
  • Gunakan perangkat lunak klien gratis. Pengguna dapat menjalankan sebagian besar aplikasi SaaS langsung dari browser web mereka tanpa perlu mendownload dan menginstal perangkat lunak apapun, walaupun beberapa aplikasi memerlukan plugin. Ini berarti Anda tidak perlu membeli dan menginstal perangkat lunak khusus untuk pengguna Anda.
  • Memobilisasi tenaga kerja Anda dengan mudah. SaaS mempermudah "memobilisasi" angkatan kerja Anda karena pengguna dapat mengakses aplikasi dan data SaaS dari komputer atau perangkat mobile yang tersambung ke Internet. Anda tidak perlu khawatir mengembangkan aplikasi untuk berjalan di berbagai jenis komputer dan perangkat karena penyedia layanan telah melakukannya. Selain itu, Anda tidak perlu membawa ato keahlian khusus untuk mengelola masalah keamanan yang ada dalam komputasi mobile. Penyedia layanan yang dipilih dengan cermat akan menjamin keamanan data Anda, apa pun jenis perangkat yang menggunakannya.
  • Akses data aplikasi dari mana saja. Dengan data yang tersimpan di awan, pengguna dapat mengakses informasinya dari komputer atau perangkat mobile yang terhubung internet. Dan ketika data aplikasi disimpan di awan, tidak ada data yang hilang jika komputer atau perangkat pengguna gagal.

Jenis penyebaran awan: publik, swasta, hibrida
Tidak semua awan sama. Ada tiga cara berbeda untuk menerapkan sumber daya komputasi awan: awan publik, awan pribadi, dan awan hibrida.
  • Awan publik. Awan publik dimiliki dan dioperasikan oleh penyedia layanan awan pihak ketiga, yang memberikan sumber daya komputasi mereka seperti server dan penyimpanan melalui Internet. Microsoft Azure adalah contoh awan publik. Dengan awan publik, semua perangkat keras, perangkat lunak dan infrastruktur pendukung lainnya dimiliki dan dikelola oleh penyedia awan. Anda mengakses layanan ini dan mengelola akun Anda menggunakan browser web.
  • Awan pribadi. Awan pribadi mengacu pada sumber daya komputasi awan yang digunakan secara eksklusif oleh satu bisnis atau organisasi. Awan pribadi dapat ditempatkan secara fisik di pusat data perusahaan. Beberapa perusahaan juga membayar penyedia layanan pihak ketiga untuk menjadi tuan rumah awan pribadi mereka. Awan pribadi adalah layanan yang infrastruktur dan layanan dijaga di jaringan pribadi.
  • Awan hibrida. Awan hibrida menggabungkan awan publik dan swasta, terikat bersama oleh teknologi yang memungkinkan data dan aplikasi dibagikan di antara keduanya. Dengan mengizinkan data dan aplikasi berpindah antara awan pribadi dan publik, awan hibrida memberi fleksibilitas dan pilihan lebih besar kepada perusahaan.
Bagaimana cloud computing bekerja

Layanan komputasi awan semuanya bekerja sedikit berbeda, tergantung penyedianya. Namun, banyak yang menyediakan dasbor berbasis browser yang ramah yang memudahkan profesional TI dan pengembang untuk memesan sumber daya dan mengelola akun mereka. Beberapa layanan komputasi awan juga dirancang untuk bekerja dengan API REST dan antarmuka baris perintah (CLI), memberi banyak opsi kepada pengembang.


referensi : https://azure.microsoft.com/en-in/overview/what-is-cloud-computing/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

GAME : ANTARA KEMAMPUAN DAN KEINGINAN

Penggunaan Sosial Media Path dengan Bijak

Indonesia Menuju Negara Maju