INTERNET & NEW MEDIA

            A.   SEJARAH INTERNET



Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh J.C.R Licklider dari MIT Massachutts      Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network”. ia mengemukakan tentang jaringan        global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.
Pada 1965 peneliti dari MIT bernama Lawrence G. Roberts sering juga disebut Larry Roberts dan Thomas Merill melakukan koneksi komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di California menggunakan jalur telpon berkecepatan rendah untuk menciptakan jaringan berskala luas untuk pertama kalinya.
Pada tahun 1966 Larry Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer/ Kemudian beliau merencanakan jaringa yang disebut ARPANET yang dipublikasikan pada tahun 1967. Pada tahun 1969 ARPANET telah melibatkan empat buah komputer yang terkoneksi. Komputer pertama berada di university of California Los Angelos, komputer ke dua berada di Stanford Research Institute, komputer ketiga berada di University of California Barbara dan koputer ke emat berada di University Utah.
Pada tahun 1971 jumlah komputer yang terhubung ke ARPANET mencapai 14 buah. Pada tahun ini pulalah protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun. Pada tahun 1972 larry Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washignton.
Pada tahun 1972 Ray Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang merancang konversi “user@host.” Pada tahun ini pula ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data. Pada tahun yang sama ARPA beruah nama menjadi DARPA. Tambahan huruf D berasal dari kata Defense. Pada tahun ini ARPANET melakukan koneksi international yang pertama dengan University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.
Pada tahun 1978 Unix to Copy Protocol ditemukan di Labolatorium Bell. Program ini berguna untuk melakukan file transfer.
Pada tahun 1979 news group yang diberi nama USENET beroperasi dengan dasar UUCP. Penciptanya adalah Tom Truscott dan Jim Ellis (kedua mahasiswa di Duke University) dan Steven Bellovin (dari Universitas North Carolina). Pemakai dari seluruh dunia bergabung ke grup diskusi ini membicarakan masalah jaringan, politik, agama dan berbagai topik lainnya,
Pada tahun 1982 DCA atau Defense Communication Agency dan DARPA membentuk protokol yang disebut TCP/IP untuk ARPANET. Selanjutnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan TCP/IP sebagai sebuah sntadar. Saat itulah internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol.
Pada tahun 1983 John Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan Domain Name System (DNS) dan mengusulka sistem pengamatan berbentuk user@host.cdomain. Pada tahun 1984 DNS diperkenalkan di internet dengan menyebutkan nama-nama jenis domain seperti . gov, .mil,.org, .net dan .com.
Pada tahun 1986 TCP/IP mulai tersedia pada workstaiton dan PC. Tahun ini pula National Science Foundation mendanai NSFNET sebagai tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps dan mengatur internet hanya ditujukan untuk kepentingan riset dan pemerintah yang bersifat tidak komersial.
Pada tahun 1988 Internet Relay Chat disingkat IRC dibuat oleh Jarkko Oikarinen yang berguna untuk malakukan chatting secara online melalui komputer
Pada tahun 1989 Australia, Jerman, Israel, Italia, Jepang, Mexico, Belanda, Selandia Baru dan Inggris bergabung ke internet. Jaringan bernama JUNET di Jepang mulai berhubungan dengan NSFnet.
Pada tahun 1989, TIM Berners_lee periset dari inggris yang bekerja di CERN, Swiss, mengajukan konsep yang disebut sistem hypertext. Sistem ini mungkinkan melihat dikument secara melompat-lompat dan bisa berjalan dalam sistem operasi yang berbeda-beda. Konsep inilah yang disebut World Wide Web atau dikenal dengan nama Web.
Pada tahun 1990 Departemen Pertahanan Amerika membubarkan ARPANET. Saat itu jaringan tersebut berkembang dari 4 buah host menjadi 300.000 host. Saat itu Singapura membangun jaringan TECHNET dan ikut bergabung di internet. Pada tahun ini pula beberapa perangkat lunak seperti Archie, Gopher dan WAIS mulai dipakai.
Pada tahun 1990 World Wide Web (WWW) diluncurkan oleh CERN di Jenewa, Swis. Tim Berner Lee menciptakan Hypertext Markup Laungage atau disingkat html yang menggunakan URL untuk pengalamatan Web. HTML adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menyusun tampialn WEB.
Pada tahun 1991 tulang punggung NSFNET diperbaharui dengan kecepatan 44Mbps. Koneksi mencakup 100 negara dan melibatkan lebih dari 600.000 host dan kira-kira 5.000 jaringan. Namun, pada tahun ini NSF sebagai pendananya mencabut larangan komersial untuk internet sehingga membuka peluang perdagangan elektronis.

Pada tahun 1992 jumlah jaringan sudah melampaui 7.500 buah dan jumlah komputer yang terkoneksi sebanyak 1.000.000. Saat itu, audio dan video mulai ada di internet.Pada tahun itu pula, Veronica, sebuah oerangkat pencarian teks, dikeluarkan di Universitas Nevada dan Mozaic lahir. Mozaic adalah browser yang pertama diciptakan. Software ini memadukan texts dan gambar. Penciptanya Marc Andresen dan Eric Bina. Salin itu, tercatat bahwa perusahaan Delphi di Amerika Serikat mulai membuka layanan internet kepada para pelanggannya.
Pada Tahun 1994 Yahoo! yang kepanjangannya adalah Yet Another Hierarchical Officious Oracle didirikan oleh dua orang mahasiswa Universitas Stanford yaitu Jerry Yanf dan David Filo. Yahoo! terkenal sebagai portal yang menyediakan email gratis dan mesin pencari informasi.Pada tahun ini pula Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos.
Pada tahun 1996 perusahaan komputer Dell mulai menjual komputer melalui internet. pembeli bisa memilih komputer dan perangkat keras yang sesuai dengan keinginan mereka sendiri.
Mesin pencari terkenal yang lain adalah Google. Mesin pencari ini diluncurkan pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Saat itu mereka berdua adalah mahasiswa Universitas Stanford.









B.   APLIKASI NEW MEDIA


 


New media adalah suatu istilah yang memiliki arti sangat luas, pada abad ke-20 new media mengacu pada akses ke konten pada perangkat digital, dimana pengguna dapat berpartisipasi dan dapat membuat kreatifitas pada media. Aspek baru dari new media adalah generasi real time. Teknologi yang paling dikenal sekali oleh masyarakat adalah digital. Digital sering memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi, melalui jaringan, interaktif.
Contoh dari  new media adalah internet, website, komputer multimedia, video game, CD-ROM, DVD. Media baru tidak termasuk program televisi , film, majalah , buku , atau kertas publikasi berbasis - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital. Salah satu contohnya, menggabungkan internet diakses teks digital, gambar dan video dengan web-link, partisipasi kreatif kontributor, umpan balik pengguna interaktif dan pembentukan komunitas peserta editor dan donor untuk kepentingan non-masyarakat pembaca.
·         PANDANGAN TERHADAP NEW MEDIA
Sebagai pengguna dari new media, menurut saya new media adalah suatu bagian dari kehidupan ini, dengan new media kita akan tau mengenai berita terkini, berkomunikasi, juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk berbagi informasi dan juga untuk mendapatkan berbagai informasi dari segala penjuru dunia. Itu adalah gambaran tentang betapa pentingnya new media seperti internet dan website, masih banyak lagi berbagai keuntungan yang akan kita dapatkan pada pemanfaatan new media lainnya. Jika ada sebuah pertanyaan mengenai pro dan kontra dari new media, maka jawabannya adalah bagaimana kita menggunakan new media, jika new media digunakan sebagai ajang mencari hal-hal negatif maka itu adalah kontra dari penggunaan new media, tapi jika kita gunakan untuk hal positif maka sangat banyak keuntungan yang akan kita dapat.
·         MANFAAT NEW MEDIA
Banyak sekali manfaerat dari new media, selain dapat mempermudah kita untuk mendapatkan berita-berita terkini, new media dapat kita gunakan sebagai sarana berkomunikasi, bertukar informasi, dan juga sarana untuk mendapatkan informasi. Contoh REAL dalam kehidupan sehari-hari adalah :
ü  Penggunaan jejaring social memudahkan berkomunikasi dengan orang –orang contoh dengan menggunakan Facebook, Twitter, atau path.
ü  Sarana jual beli yang biasa disebut online shop
ü  Penggunaan website berita – berita yang ada seperti vivanews, detik, atau yang lainnya
ü  Pencarian segala informasi yang terdapat pada contoh yaitu google
ü  Penggunaan ebook oleh mahasiswa pada modul yang digunakan
ü  Sarana hiburan dengan memainkan video game.
ü  Smartphone terkini yang dipakai oleh banyak orang pada saat ini memudahkan berkomunikasi satu sama lainnya.
·         DAMPAK NEGATIF
Perkembangan new media ini akan menjadi sebuah dunia yang seakan-akan tanpa kendali. Dampak pesatnya new media paling tidak akan membawa beberapa dampak perubahan negatif seperti:
ü  Membudayanya budaya massa dalam suatu komunitas masyarakat, dimana pola kehidupan yang dinamis ditimbulkan karena adanya keinginan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
ü  Rasa sosial terhadap lingkungan sekitar menjadi acuh.
ü  Terjadinya polusi informasi.
ü  Merebaknya kejahatan teknologi seperti pelanggaran hak cipta / pembajakan, cybercrime (kejahatan maya).
ü  Tumbuhnya sikap hedonisme dan konsumtif.
ü  Awal mula Kriminalitas.


C.    PERBANDINGAN DUA APLIKASI NEW MEDIA ANTARA YOUTUBE DAN VIMEO



Sebagaimana kita kenal, YOUTUBE adalah salah satu website video sharing atau penyimpanan data video. Seluruh orang didunia bebas mengupload video apa saja sesuka mereka. Dari mulai video dengan kualitas paling rendah sampe video berkualitas profesional. 
Buat orang-orang yang berkutat di bidang video, Youtube merupakan salah satu sarana promosi yang paling efektif di internet. Fitur dan layananya dibuat fleksibel untuk pengguna internet dari berbagai kalangan. Karena popularitas Youtube, saat ini Youtube memiliki aturan ketat mengenai hak cipta atau copyright. Pengalaman saya pribadi, Aturan di youtube saat ini lumayan ketat. Tandanya track audio yang kita gunakan memang melanggar hak cipta. Tapi terkadang juga aman-aman saja, tergantung lagu yang kita gunakan.
Selain Youtube ada lagi website video sharing atau website penyimpanan video, yaitu VIMEO. Vimeo dibuat dengan fitur yang lebih spesifik. Antara Youtube dengn Vimeo, Youtube jelas lebih populer dan memiliki jutaan visitor yang luar biasa ketimbang Vimeo. Tapi Vimeo hadir dengan fitur dan rancangan yang berbeda. Vimeo dibuat untuk pencinta video yang lebih spesifik, berkualitas tinggi dan biasanya lebih dikhususkan untuk komunitas sineas dari amatir sampai profesional. 
Kalau dilihat dari kejernihan, Vimeo jelas lebih unggul ketimbang Youtube. Video yang dishare melalui Vimeo benar-benar hampir sesuai dengan aslinya. Sayangnya, untuk pengguna internet dengan speed rendah, melihat Video dari Vimeo pasti membutuhkan buffering yang lumayan berat, apalagi untuk video dengan Kualitas HD (720p - 1080p) 

Sementara di Youtube, Developer youtube membuat setingan kualitas secara otomatis sesuai dengan kecepatan atau bandwidth internet yang ada di komputer kita. Untuk beberapa pengguna yang sudah mengerti, sebetulnya mudah saja. Tinggal mengganti kualitasnya sesuai dengan yang kita inginkan. Dari Otomatis, 144, 240, 360, 480, HD 720p, HD 1080p.
Berikut ini ada beberapa perbandingan antara YOUTUBE dan VIMEO : 
1. Youtube mudah terindex di Google, Vimeo kurang di index dalam pencarian di google. 
2. Youtube bufferingnya ringan, Vimeo bufferingnya lama dan padat. Intinya, kebanyakan pengguna speed internet di Indonesia termasuk speed rendah, mungkin lebih memilih melihat video di Youtube ketimbang di Vimeo. 
3. Youtube diperuntukkan untuk pengguna dengan klasifikasi pengguna internet secara umum, sementara vimeo tergolong website video sharing yang dikhususkan untuk komunitas  dari amatir sampai profesional dengan kualitas video yang benar benar terlihat profesional walaupun memiliki beberapa kelemahan, yaitu bufferingnya lumayan berat.
4. Youtube iklannya banyak, Vimeo masih sedikit. 
5. Youtube memiliki jumlah visitor yang lebih banyak ketimbang Vimeo   

D. PENGGUNAAN YOUTUBE DAN VIMEO

Penggunaan aplikasi ini cukup gampang dengan membuka situs www.youtube.com jika ingin menggunakan youtube atau membuka situs www.vimeo.com jika ingin menggunakan vimeo. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GAME : ANTARA KEMAMPUAN DAN KEINGINAN

Penggunaan Sosial Media Path dengan Bijak

Indonesia Menuju Negara Maju